Obat Segala Penyakit
Dimana ada niat disana ada obat...BUKTIKAN..!!!

Villa Gratis di Puncak
Menginap di villa puncak bersama keluarga, Gratis! Hanya di sini.
4 Hari Di Bali Rp.999.000
4 Malam Akomodasi Dikepulauan Bali Plus + Gratis Rp.500.000 Voucher
Villa Rental in Bali
Luxury villa rental in Bali A range of villas in Bali for rent

Mie Kocok Bandung

Posted on 21.30 by Wisata Lembang

Bulatan-bulatan kekuningan yang berasal dari kaldu kaki sapi meletup-letup di dalam kuah. Seperti minyak yang melumuri mie. Kala memasukan suapannya dengan menggigit empuk dan kenyalnya kikil, lezatnya Mie Kocok Mang Dadeng makin terasa.

Berada di Jalan Banteng, dekat dengan pasar buku Palasari atau samping RS Muhammadiyah, nama Mie Kocok Mang Dadeng sudah sangat populer. Kepopuleran namanya yang terjaga dari tahun 1958, salah satunya berkat 27 bumbu ampuh penjaga citarasa.

Dituturkan Mang Dadeng (67) dirinya meracik 27 rempah-rempah untuk melezatkan mie kocoknya ini. Daun salam, serai, jahe, bawang putih, bawang merah, gula batu dan udang kering adalah beberapa macam bumbu dari 27 bumbu yang dicampurkan.

Rasa yang dihasilkannya lah yang membuat nama Mie Kocok Mang Dadeng terus melambung. Bahkan ada warga Belanda yang berniat membuka tempat mie kocok Mang Dadeng di Belanda.

"Ada orang Belanda yang menghubungi saya katanya ingin buat mie kocok di Belanda. Tapi saya tolak karena jauh," tutur Mang Dadeng.

Menurut Mang Dadeng, usaha yang diturunkan ayahnya ini dipelajarinya tahun 57-an. Pada tahun 1958 Mang Dadeng mulai menjajakan mie kocok berkeliling dari satu tempat ke tempat lainnya sambil memanggul. Setelah dipanggul beralih dengan mendorong roda. Pada tahun 1988 Mang Dadeng mulai menetap di trotoar Jalan Banteng yang sekarang sudah menjadi pusat usaha mie kocoknya.

"Semua perlu perjuangan. Bagaimana caranya agar laku," tutur Mang Dadeng.

Mang Dadeng mengaku resep 27 bumbu yang diraciknya sendiri, itu pun tidak langsung ditemukan. Tapi memerlukan proses yang cukup panjang.

Sampai saat ini, Mie Kocok Mang Dadeng tak pernah sepi pelanggan, terutama hari-hari libur. Dalam satu hari bisa menghabiskan sekitar 80 kaki sapi. Sedangkan jika akhir pekan bisa mencapai 100 kaki sapi.

Dalam satu hari omzet yang bisa didapatkan sebesar Rp 7-8 juta. Itu pun belum termasuk omzet di cabang-cabangnya. Di Bandung, Mie Kocok Mang Dadeng ada di Jalan Peta dan di Dapur Cobek. Sedangkan di luar kota, ada di Tebet, Jakarta Selatan, dan Karawang.

Bapak dari tujuh putra ini masih ingin terus mempertahankan nama usahanya yang sudah populer. Meski diakuinya omzet usaha menurun selepas kenaikan BBM beberapa waktu lalu.

"Harga bumbu pada naik. Pengunjung berkurang," ujar Mang Dadeng. Meski begitu dirinya masih punya kenginan untuk mmebuka satu cabang lagi di daerah Cimahi. Sehingga penyebaran penjualan Mie Kocok Mang Dadeng bisa merata.

Satu porsi mie kocok spesial Rp 19 ribu sedangkan mie kocok biasa Rp 16 ribu. Penambahan sumsum tulang yang lembut dalam mie kocok spesial menambah kenikmatan di tengah kaldu yang kaya rasa.

Sumber :  bandung.detik.com

Artikel Terkait



No Response to "Mie Kocok Bandung"

Leave A Reply

Villa Gratis di Puncak
Menginap di villa puncak bersama keluarga, Gratis! Hanya di sini.

4 Hari Di Bali Rp.999.000
4 Malam Akomodasi Dikepulauan Bali Plus + Gratis Rp.500.000 Voucher

Rent Villa Bandung
Pilihan terlengkap untuk Villa - Hanya di Tokobagus !

Villa Rental in Bali
Luxury villa rental in Bali A range of villas in Bali for rent

Wisata Lembang