Obat Segala Penyakit
Dimana ada niat disana ada obat...BUKTIKAN..!!!

Villa Gratis di Puncak
Menginap di villa puncak bersama keluarga, Gratis! Hanya di sini.
4 Hari Di Bali Rp.999.000
4 Malam Akomodasi Dikepulauan Bali Plus + Gratis Rp.500.000 Voucher
Villa Rental in Bali
Luxury villa rental in Bali A range of villas in Bali for rent

Situ Patengan Ciwidey

Posted on 15.43 by Wisata Lembang

Situ Patengan, berasal dari bahasa Sunda, “Pateangan-teangan” yang artinya saling mencari. Dikisahkan dulu ada sepasang sejoli yaitu Ki Santang dan Dewi Rengganis yang saling mencintai. Mereka berpisah sekian lamanya, dan saling mencari. Akhirnya mereka bertemu di tempat yang dinamakan Batu Cinta. Dewi Rengganis pun minta dibuatkan danau dan sebuah perahu untuk berlayar bersama. Perahu inilah yang sampai sekarang menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati (pulau Asmara/pulau Sasaka).
Batu Cinta di Pulau Asmara Konon kabarnya, untuk pasangan yang mengelilingi pulau Asmara dan singgah ke batu Cinta akan mendapatkan cinta abadi seperti pasangan tersebut. Tanpa menyia-nyiakan kesempatan, kami pun menyewa perahu dan memutari pulau dan singgah ke batu Cinta. Di perjalanan, tukang perahu tersebut menceritakan pula bahwa pulau Asmara tersebut angker, dan hanya boleh disinggahi oleh pengunjung jika sudah mendapat ijin dan ditemani oleh sang juru kunci.
Situ Patengan atau yang lebih populer di dengar orang dengan nama Situ Patenggang merupakan suatu legenda romantis di zaman dahulu kala. Setelah memasuki gerbang Situ Patengan, kita akan melewati perkebunan teh yang menghijau. Dan tidak jauh kedepan, kita akan melihat hamparan air yang sangat banyak dengan keindahan alam yang menawan. Kesegaran dan kesejukan menambah kenyamanan kita di area wisata Situ Patengan.

Rasa lelah yang dirasakan pada saat melakukan perjalanan ke lokasi wisata ini senantiasa akan hilang begitu sampai ke lokasi wisata Situ Patengan. Hamparan air yang luas, dengan sentuhan kabut tipis yang menggantung diatasnya, menambah indahnya suasana Situ (danau). Dengan melihat tenangnya air danau, segarnya udara yang kita hirup, dan sejuknya suasana danau akan membuat kita merasa damai dan bisa melupakan sejenak kepenatan dan stress yang sedang dihadapi.
Selain bisa menikmati pemandangan dari pinggir danau, kita juga bisa menyewa perahu untuk mengelilingi danau, terutama mengunjungi pulau yang menjadi pelengkap legenda Situ Patengan. Pulau Asmara dan Batu Cinta merupakan lokasi yang menjadi tujuan para wisatawan. Konon menurut ceritanya, siapapun yang singgah ke Batu Cinta dan mengelilingi Pulau Asmara maka akan mendapatkan cinta yang abadi. Hal inilah yang mungkin menjadikan Batu Cinta dan Pulau Asmara menjadi tempat yang membuat wisatawan menjadi penasaran.

Kurang lengkap rasanya bila kita berkunjung ke lokasi wisata ini tanpa membeli cinderamata sebagai oleh–oleh atau sekedar untuk mengingatkan bahwa kita pernah mengunjungi lokasi wisata Situ Patengan. Kita tidak perlu bersusah payah untuk bisa mendapatkan cinderamata, karena didalam lokasi wisata banyak terdapat toko–toko yang menyediakan berbagai macam cinderamata. Situ Patengan menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, diantaranya adalah area parkir yang cukup luas, toilet, mushola, hingga rumah makan. Selain itu, bila kita membawa bekal sendiri, kita juga bisa menyewa tikar yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat sambil menikmati keindahan panorama Situ Patenggang dan juga bersantap siang.

Perjalanan Menuju Situ Patengan

Situ patengan berada di kawasan Kabupaten bandung selatan tepatnya di Ciwidey. Untuk menempu perjalanan ke Ciwidey dari kota bandung Kurang lebih sekitar 1.5 sampai 2 jam perjalanan. Apabila pada hari minggu waktu perjalanan sedikit terganggu karena adanya aktifitas pasar minggu (seperti gasibu bandung) di alun-alun soreang (kantor Pemda).
Ketika telah melewati soreang, jalan akses ke Ciwidey berliku dan naik turun tetapi jalannya lumayan bagus. Apabila telah sampai di terminal ciwidey kita terus ke atas, jalanya cukup menanjak sehinnga kita harus berhati-hati, selain jalannya tidak terlalu besar tetapi jarang kendaraan (kecuali pada hari libur atau weekend). Di sepanjang perjalanan kita akan dinikmati oleh pemandangan yang didominasi oleh kebun teh dan kebun strawberry.

Selama perjalanan ke Situ patengan kita juga akan melewati beberapa daerah objek wisata di Ciwidey antara lain, Kawah Putih, Pemandian Air panas Cimanggu, Bumi perkemahan Ranca Upas juga Pemandian Air panas Ciwalini.

Setelah kita melewati objek-objek wisata tersebut, jalan akan terbagi 2 jalan. Kita harus mengambil jalan yang lurus (jangan yang ke kanan), kita akan melewati tempat penyewaan ATV (all Terain Vehicle).

Sampailah kita di pintu gerbang Situ Patenggang, harga masuknya tergolong murah berkisar antara 15 ribu sampai 30 ribu perak per motor ( 2 orang). Sebelum sampai ke tempat wisata dari kejauhan kita sudah bisa melihat Situ Patenggang Beserta pulaunya.

Nah untuk tempat parkirnya sendiri cukup luas dan aman, tapi untuk jaga-jaga lebih baik kita bawa kunci ganda (klo ga ada kunci gembok juga gak apa-apa). Dari tempat parkir, kita harus jalan kurang lebih 500 meter untuk sampai ke Situ patenggang, di sana juga banyak terdapat warung-warung makanan dan juga oleh-oleh khas dari Ciwidey. Untuk harganya sendiri, menurut saya harga standar tempat wisata lah (tapi masih bisa nego).

Kalau musim hujan, Situ ini akan dipenuhi oleh kabut yang tebal sehingga kita tisak akan bisa untuk naik perahu ke pulau cinta. Tetapi bila cuaca cerah kita bisa naik perahu ke pulau cinta naik perahu, harganya pun relatif murah sekitar 5 ribu perak per orang. Di pulau cinta sendiri terdapat batu cinta, yang konon katanya bila kita bersama sang kekasih kesana hubungan kita akan langgeng. Bagi yang belum tahu, kalau dilihat dari ats pulau cinta itu berbentuk hati makanya dinamakan pulau cinta, juga adalagi mitos yang mengatakan bahwa di pulau itulah 2 insan dipertemukan kembali sehingga dinamakan pulau cinta.

Harga Tiket
Tiket masuk Rp. 4000,- / org
Tiket masuk mobil Rp. 10,000,-/mbl
Tiket masuk bus Rp. 20.000,-/bus
Tiket perahu dayung/motor Rp. 15.000,- /org
Tiket sepeda air Rp. 40.000,- /2 org
Villa/penginapan Rp.600.000,-/malam kapasitas 30 sd 50 orang.Dengan fasilitas 3 kamar tidur,ruangaula,perapian,dapur,1 kamar mandi,dengan lokasi ditepi danau patenggang.

Sumber:
http://jelajahbandung.awardspace.com/destinations_selatan.html#situpatengan
http://tommyhardianto.wordpress.com/2011/02/13/nge-bolank/
http://wisatara.blogspot.com/2010/12/situ-patengan-bandung.html
http://pagaters.wordpress.com/2011/06/14/liburan-di-situ-patenggang-ciwidey-kab-bandung/

Artikel Terkait



1 Response to "Situ Patengan Ciwidey"

.
gravatar
Dadan Sujana Says....

Bagi anda yang ingin mengunjungi objek wisata situ patengang secara aman, nyaman, efektif serta efesien kami Megahrental, Sewa Mobil Murah di Bandung | Rental Mobil di Bandung siap mengantar berbagai keperluan rental/sewa mobil anda, kunjungi situsnya di http://megahrental.blogspot.com.Terimakasih.

Leave A Reply

Villa Gratis di Puncak
Menginap di villa puncak bersama keluarga, Gratis! Hanya di sini.

4 Hari Di Bali Rp.999.000
4 Malam Akomodasi Dikepulauan Bali Plus + Gratis Rp.500.000 Voucher

Rent Villa Bandung
Pilihan terlengkap untuk Villa - Hanya di Tokobagus !

Villa Rental in Bali
Luxury villa rental in Bali A range of villas in Bali for rent

Wisata Lembang